Sabtu, 07 September 2013

Siomay Ala Steak

Perjalanan kulinerku kali ini berhenti di sebuah rumah makan yang tidak terlalu besar tetapi cukup ramai oleh pengunjung. Masih di sekitaran kota perantauanku Semarang, resto ini bernama SIHOT (Siomay Hot Plate 33). Terletak di pinggir jalan persis di samping lokasi wisata kuil SamPooKong, resto ini menjadi sangat mudah ditemui dan strategis untuk menjadi alternatif 'jajan' bagi para pengunjung kuil wisata itu.


(sumber foto: dinmaulina.blogspot.com)



Resto ini menyediakan panganan berupa siomay kukus dan goreng beserta kelengkapannya seperti kentang kukus, kol, telur rebus, dan tahu isi daging ikan. Menu lainnya adalah pempek (yang juga disajikan di atas hotplate), mie rebus dan sup (disajikan diatas panci kecil dengan kompornya), kemudian berbagai macam cemilan goreng seperti sosis, nugget, dan kentang.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, menu-menu tersebut sudah dapat dinikmati dengan harga berkisar antara Rp 5.000,00-Rp 13.000,00. Untuk menu siomay (sihot) tersedia menu paket seharga Rp 12.000,- dengan isi siomay, kentang, telur, tahu isi, dan kol dimana semua komponen tersebut dikukus (bukan goreng), sedangkan menu lengkap lainnya dengan tambahan siomay goreng hanya seharga Rp 13.000,- saja. Bisa juga memesan paket suka-suka dimana kesemua komponen sihot dijual terpisah, sehingga bisa memilih sendiri makanan yang akan disajikan dalam piring hotplate kita.


(sumber foto: dinmaulina.blogspot.com)

Saus somay yang dipakai adalah saus kacang biasa, hanya saja disajikan diatas hotplate seperti steak. Itulah yang membuat siomay ini menjadi sedikit berbeda dari siomay-siomay biasanya. Begitu sampai ke meja, hotplatenya langsung mengepulkan asap yang berlimpah. Hotplate ini pula yang menjadikan siomay tetap hangat sehingga tetap enak dinikmati sembari berbincang dengan partner makan. Rasa siomaynya pun enak sekali, rasa ikannya terasa banget di lidah. "maknyus", seperti kata pak bondan winarno di acara wisata kuliner. Direkomendasikan untuk yang sedang berhemat tapi ingin jajan makanan enak.

Selamat mencoba :)


1 komentar:

Ads Inside Post