Rabu, 04 Desember 2013

Tentang Ibu Dosen

Kali ini ceritaku datang dari sosok seorang wanita paruh baya cantik nan pintar, akhir-akhir ini cukup banyak bagian dari kami yang mengagumi ibu dosen satu ini. Sebut saja mrs TW, umurnya sekitar 40 tahunan. Masih terbilang muda untuk menjadi dosen senior, aku rasa sudah cukup lama beliau mengajar di kampus MIPA Universitas Diponegoro. Pertama kali diajar oleh beliau saat kuliah semester 5 di mata kuliah horor, Kimia Fisik 3. Saat itu, aku dan teman-teman mengenalnya sebagai sosok ibu dosen muda yang luar biasa galak dengan mata kuliah yang super susah dimengerti. Mata kuliahnya bikin nyesel kuliah di kimia. Tapi kini di perkuliahan semester 7, anggapan tentang mrs TW sudah berubah sampai 180 derajat.


Kekaguman ini berawal dari mata kuliah pilihan semester 7, desain biomaterial. Hanya segelintir mahasiswa 'angkatan tua' yang mengambil mata kuliah pilihan ini. Entahlah, mungkin karena takut sulit. Sebenarnya termasuk aku, tapi pun pada akhirnya kupilih juga. Aku random saja memilih mata kuliah ini, lumayan untuk memperbanyak SKS.

Mata kuliah ini mengajarkanku tentang berbagai jenis material yang bisa masuk ke dalam lingkungan biologis tubuh kita. Sebut saja salah satunya untuk implant tulang, terdengar menarik ya? Dari kuliah ini aku mengenal hidroksiapatit, alfa TCP, beta TCP. Akan sangat panjang dan rumit kalau aku ceritakan secara detail, implant tak sesederhana kau merekatkan tulang yang keropos dengan solatip atau menambalnya dengan semen yang biasa kau lihat di bahan bangunan. Kau harus menghitung kekuatan mekaniknya, harus kompatibel dengan suasana biologis tubuh, harus berpori banyak, beracun atau tidak, mudah tidaknya terdegradasi dan bla bla bla bla bla panjaaang sekali. Jangan pusing dulu, aku tak akan benar-benar menceritakannya.

Tapi tidak dengan ibu dosenku yang satu ini., rasa-rasanya beliau sudah khatam tentang hidroksiapatit dan kawan-kawannya. Beliau akan menjelaskan secara detail bagian ketidakpahamanmu yang kau tanyakan padanya dengan tepat akurat tak satupun terlewat. Setelah panjang lebar diberi penjelasan, mulutmu hanya akan menganga dan kepalamu manggut-manggut sok ngerti. Entah saking pahamnya atau semakin bingung.

Yang menarik adalah suatu hari kami membahas sebuah jurnal internasional tentang implant tulang dari bahan keramik. Jurnal ini dikupas tuntas hingga habis tak tersisa, dari mulai abstrak hingga daftar pustaka. Setiap kata-kata dalam jurnal betul-betul dicermati, grafik pun tak luput dari pembahasan tuntas. Sangat detail, jurnal science direct dengan segala kesalahan-kesalahannya terbongkar habis. Kami mahasiswa yang mengikuti kuliahnya hari itu dibuat kagum. Yang ada didalam pikiran hanya, "ibu ini pinter banget !".

Mrs TW selalu bilang bahwa semua yang beliau ketahui diperoleh dari belajar, "kalian harus banyak-banyak membaca jurnal. Sering membaca saja belum tentu bisa apalagi ngga baca.", begitu katanya. Mata kuliah ini mungkin jadi istimewa bagi kami, karena saat belajar biomaterial menjawab dengan jawaban 'tidak tau' atau jawaban ngawur sekalipun tidak akan dimarahi. Mungkin juga istimewa baginya, karena kuliah ini bisa jadi pelajaran kesukaannya sehingga moodnya selalu baik saat mengajar.

Ah, pada intinya belajar hal baru itu menyenangkan.

Terimakasih sudah membuat kagum, mrs TW...

-saat setelah membahas jurnal hidroksiapatit yang dikupas tuntas, padahal ibu baru mempelajari jurnalnya pagi-pagi sebelum kuliah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post